Warga Diminta Waspadai DBD

Memasuki musim hujan dan perubahan cuaca berdampak berbagai macam penyakit. Salah satunya penyakit demam berdarah yang bisa merenggut nyawa manusia. Untuk itu, pihak kelurahan Semper Barat, Cilincing meminta kepada warganya agar peduli pada lingkungan dan sanitasi tempat tinggalnya.

" Hujan yang mengguyur beberapa hari ini bisa menimbulkan berbagai genangan, diantara genangan di barang-barang bekas. Untuk itu lakukan 3M sebagai upaya antisipasi berkembang biaknya nyamuk DBD " kata Fredi Setiawan Lurah Semper Barat, CIlincing.

Dijelaskan, penyakit ini sangat rawan pada lingkungan yang kurang bersih dan penghuninya tidak peduli pada tempat tinggalnya. Agar terhindar dari penyakit ini genangan air yang ada di sekitar dirumah segera di bersihkan. Begitu juga dengan pelaksanaan Fogging dilakukan di lokasi yang terindikasi adanya korban DBD.

" Cara paling effektif adalah 3M dan memberikan abate di tempat penampungan air minum atau bak mandi. Karena perkembangan nyamuk Aedes Aegepty berkembang jika kita kurang peduli pada tempat tinggal kita sediri " sahutnya.

H. Mukthar Ketua RW 05 Semper Barat, mengatakan guna mencegah berkembang biaknya bibit nyamuk DBD, pihaknya meminta warga agar menguras bak mandi setiap minggu dan memberikan abate. Begitu juga petugas jumantik di wilayah secara berkesinambungan memberikan himbauan dan pengarahan kepada masyarakat supaya mewaspadai betapa bahaya penyakit tersebut.



Sumber : http://www.jakartautara.com

0 comments: